Durian Jonggrang dan Bajul Menggoda | Malang POST

Selasa, 18 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 10 Jan 2020,

MALANG – Aroma durian pun semerbak di Pesta Belah Duren hari pertama, Jumat (10/1) yang digelar  di area parkir bagian kanan Transmart. Sedikitnya ada 15 pedagang durian yang ikut menyemarakkan event pertama di tahun 2020 ini. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Malang, Pasuruan, Trenggalek, Ponorogo dan Jember.
Tak mau kalah, pengunjung pun mulai berdatangan sejak dibuka pada pukul 10.00 kemarin pagi. Bahkan menjelang sore masing-masing stand durian semakin ramai pembeli. Event yang berlangsung seru ini bakal memanjakan masyarakat Malang Raya dan pecinta durian selama tiga hari hingga Minggu (12/1) mendatang, baik dari segi harga, aroma dan rasa.
Ketua Pelaksana Pesta Belah Duren, Yoyon Suryono, mengatakan, bedanya dari event sebelumnya kali ini jenis duriannya lebih banyak dan dari berbagai daerah. Ada duren montong, bajul, samin dan lain sebagainya. “Kami tidak bisa memprediksi berapa jumlah pengunjung, tetapi dari segi transaksi per pedagang targetnya Rp 10 sampai Rp 15 juta setiap harinya,” kata Yoyon kepada Malang Post.
Selain jenisnya banyak, pengunjung bisa memilih duren favoritnya dengan harga bervariasi. Mulai Rp 20 ribu sampai Rp 250 ribu dengan ukuran kecil hingga besar. Pada Pesta Belah Duren ini masing-masing pedagang membawa 500 – 3.000 buah duren, masing-masing daerah memiliki karakteristik berbeda.

   Baca juga :

Lomba Makan Durian Sampai Puas

Serbu, Pesta Belah Duren di Lapangan Parkir samping Transmart


Lebih lanjut, Yoyon menjelaskan, Pesta Belah Duren hari kedua nuansanya jauh lebih menarik. Selain bisa merasakan kelezatan buah berduri ini pengunjung dihibur oleh cosplay dari beberapa komunitas di Malang. “Cosplay dimulai pada pukul 10.00, rencananya diikuti oleh 4 sampai 6 komunitas di Malang Raya,” jelasnya.
Pesta Belah Duren nantinya juga akan menggelar roadshow ke berbagai kota lainnya sepanjang tahun 2020, total akan ada 10-12 event. Hal ini dilakukan untuk memanjakan pecinta duren, terlebih November-April merupakan musim duren dan puncaknya Februari mendatang. Sehingga tak hanya mengakomodasi dari segi kuantitas melainkan juga kualitas. Aalah satunya duren asal Jember berukuran sedang namun buahnya banyak, teksturnya pulen dan rasanya nikmat.
Salah satu pedagang, Muhammad Ikhsan, mengatakan, baru pertama kalinya ikut event Pesta Belah Duren dan membawa 1.500 buah berbagai level. “Jenis yang saya bawa ada nggedun, jonggrang, dan lambau. Yang paling ini enak jenis jonggrang,” terang pedagang asal Jember ini.
Duren asal Jember ini ditawarkan dengan harga mulai Rp 35 ribu sampai Rp 150 ribu untuk jenis bajul. Namun khusus harga Rp 35 ribu apabila beli 3 buah cukup membayar Rp 100 ribu. “Kalau jenis bajul ini harganya Rp 200 ribu karena ukurannya besar sekali, mudah-mudahan 1.500 buah ini habis dalam tiga hari,” tutup Ikhsan.
Keseruan yang tak boleh dilewatkan pada Pesta Belah Duren ini adalah lomba makan duren 1 kg. Tiga peserta tercepat maka berhak mendapatkan hadiah menarik berupa uang tunai, trofi dan sertifikat dari panitia. Antusiasme masyarakat tampaknya cukup tinggi, bahkan ada peserta jauh-jauh datang dari Surabaya.
Lomba makan duren 1 kg diadakan pada Minggu (12/1). Di hari yang sama ada juga Zumba yang dipandu oleh Zin Any, zumba diperuntukkan bagi masyarakat umum dan tidak dipungut biaya alias gratis.(lin/lim)

Editor : Abdul Halim
Penulis : Linda Elpariyani



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...