Dewan Minta Rest Area Karangploso Jadi Sentra Produk UMKM | Malang Post

Senin, 20 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Selasa, 17 Des 2019,

MALANG - DPRD Kabupaten Malang meminta keberadaan rest area Karangploso lebih maksimal dalam pemanfaatannya. Salah satunya sebagai sentra atau etalase produk para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Demikian disampaikan oleh Ketua DPRD, Didik Gatot Subroto, Selasa (17/12).
"Saya melihat rest area Karangploso sangat pas untuk memasarkan produk UMKM. Mengingat UMKM di Kabupaten Malang sangat banyak, dan layak untuk dipromosikan lebih luas," ungkap Didik Gatot Subroto.
Menurut Didik, dengan dijadikan etalase produk UMKM, setidaknya bisa membantu para UMKM dalam memasarkan produk. Termasuk bisa ikut meningkatkan perekonomian para UMKM. "Untuk bisa menjadikan outlet UMK, perlu adanya kerjasama dengan Dinas Pariwisiata Kabupaten Malang. Bahkan, kalau perlu juga dengan Dinas Pariwisata Kota Batu, sehingga bus pariwisata yang dari Kota Batu bisa mampir di rest area Karangploso," jelasnya.
Namun, untuk melangkah ke arah itu, Didik meminta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang, menginventarisasi para pelaku UMKM yang ada. Berapa produk yang layak dipasarkan. Harus benar-benar ditata serta dikelola secara baik.
Tidak hanya itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang ini, juga meminta harus ada sinergitas antar organisasi perangkat daerah (OPD). Karena perlu kerja sama yang bagus untuk mencapai tujuan yang baik.
"Jangan dibebankan pada satu OPD saja. Ke depan pelaku UMKM harus difasilitasi. Dinas Koperasi harus mendata, berapa hasil produk UMKM yang layak dijual keluar. Sedangkan Dinas Perdagangan persiapkan outletnya, jangan alakadarnya," bebernya.
Terpisah, Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, menyambut baik apa yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten Malang. Karenanya, ia memerintahkan jajaran OPD untuk mendukung perkembangan para pelaku UMKM. "Saya sudah meminta dinas terkait untuk menggratiskan sertifikasi halal, pada produk milik UMKM. Sehingga nantinya bisa memacu perkembangan produk para UMKM," ucapnya.
Saat ini, UMKM di Kabupaten Malang sangat banyak, dan yang eksis berkembang ada sekitar 416 ribu. (agp/udi)

Editor : Mahmudi
Penulis : Agung






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...