Malang Post - Ciptakan lingkungan bersih dan Tanamkan Pendidikan Berkarakter

Minggu, 29 Maret 2020

  Mengikuti :


Ciptakan lingkungan bersih dan Tanamkan Pendidikan Berkarakter

Senin, 17 Feb 2020

MALANG - Peringatan hari jadi ke-118 SDN Kauman 1 Kota Malang Sabtu (15/2) terasa penuh kekeluargaan. Sebab, pihak sekolah mengadakan jalan sehat bersama yang diikuti siswa, guru, dan orang tua siswa serta alumni. Selain itu, jalan sehat yang diadakan untuk memperingati hari jadi ini terasa istimewa. Hal itu karena diberangkatkan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dra Zubaidah MM.


Sebelum memberangkatkan peserta jalan sehat, Zubaidah yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan SDN Kauman 1 Malang Umi Kulsum S.Pd M.Pd,  berserta jajaran Guru-guru dan Komite Sekolah berbaur untuk melaksanakan persiapan jalan sehat bersama di halaman depan sekolah.


Dalam sambutannya, Zubaidah berharap di usia ke 118 tahun, tentu SDN Kauman 1 Malang makin berjaya dengan raihan-raihan prestasi dan menjadi teladan bagi SD-SD lainnya.

”Kegiatan yang melibatkan orang tua, masyarakat, serta pihak dunia usaha ini perlu diimbaskan ke sekolah-sekolah lainnya. Dengan melibatkan banyak pihak, maka makin banyak pula yang merasa memiliki yang nantinya ikut menjaga keberadaan sekolah,” terang Zubaidah.


Dia menambahkan, dengan pelaksanaan hari jadi ini menjadikan sekolah yang terintegrasi pada implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), tentunya membawa konsekuensi tersendiri. Karena itu, diperlukan jalinan komunikasi yang baik antara semua unsur yang ada. Dan SDN Kauman 1 Malang ini mampu melaksanakan itu semua dengan adanya kegiatan pada hari ini.

Usai memberikan sambutan, Zubaidah didaulat untuk memberangkatkan peserta jalan sehat dengan ditandai pengibaran bendera start di depan pintu gerbang SDN Kauman 1 Malang.


Kegiatan hari jadi ini persembahan atas kolaborasi antara Komite Sekolah dengan pihak sekolah serta orang tua wali murid. Terlihat betapa besarnya antusias orangtua terhadap gelaran jalan sehat tersebut.
 “Ada sekitar ratusan buah doorprize yang merupakan sumbangsih murni dari komite sekolah, alumni, orang tua wali murid dan Guru-guru. Ada kompor gas, magic com, setrika dan ratusan doorprize lainnya yang berdatangan,” tutur Ketua Komite SDN Kauman 1 Malang Muh, Natsir Pratomo.


Sementara itu, Kepala SDN 1 Kauman Malang Umi Kulsum S.Pd, M.Pd  turut menyampaikan, selain memperingati hari jadi, kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk membangun karakter, dan bakat minat siswa dalam menampilkan kreativitas mereka di atas panggung.
“Kami ingin siswa-siswi dibekali kepercayaan diri, supaya kelak mereka bisa mandiri,” kata Umi.


Umi menambahkan, bahwa setiap siswa harus dibekali pendidikan berkarakter. “Anak pintar belum tentu berkarakter, namun anak yang berkarakter sudah pasti pintar,” pungkasnya.


Tak hanya jalan sehat, 16 stan bazar kuliner pun disuguhkan. Rangkaian peringatan HUT SDN Kauman 1 Malang ini diwarnai dengan aksi unjuk kreasi siswa seperti pembacaan puisi, fashion show, tari, seni bela diri, karawitan, gamelanan, banjari, angklung dan lainnya.  Dan juga meresmikan program diet sampah, yakni satu siswa satu botol, satu siswa kotak nasi. Tujuannya mendorong terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih dan bebas dari sampah plastik.


Ratusan anak didik SDN Kauman 1 Malang yang didampingi orangtuanya masing – masing begitu kerasan menunggu undian doorprize utama berupa sepeda gunung yang telah disediakan oleh panitia. (mp4/sir/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Agiem Cristian

  Berita Lainnya





Loading...