Cinta, Tuhan, dan Sang Iblis | Malang Post

Sabtu, 18 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Minggu, 08 Des 2019

Demian - The Story of Emil Sinclair’s Youth merupakan novel karangan yang ditulis oleh Hermann Hesse. Hermann Hesse merupakan seorang sastrawan terkenal asal Jerman, Swiss dimana karya-karyanya mampu mengantarkannya meraih penghargaan Nobel Sastra pada tahun 1946. Novel Demian ini mengisahkan tentang pencarian jati diri serta problematika yang dialamisang tokoh utama, Emil Sinclair. Kisah ini ditulis ketika Perang Dunia Pertama masih berlangsung.
Kisah ini dimulai ketika Sinclair yang berusia sepuluh tahun, merasa berbeda dari para saudara perempuannya, ibu, dan ayahnya yang merupakan bagian dari Dunia Terang, dimana dunia tersebut berisi kebijaksanaan, keteraturan, moral, religius, penuh cinta, dan suci. Namun, Sinclair merasa bukan bagian dari Dunia Terang. Dan pada kenyataannya Sinclair lebih memilih untuk masuk ke dalam dunia kedua, Dunia Terlarang. Dunia yang penuh dengan hal-hal gaib, menggoda, menakutkan, membingungkan, peristiwa-peristiwa kejam dan jahat, sertamanusia-manusia pemabuk.
Kehidupan Sinclair berubah saat ia bertemu dengan seorang anak berusia 13 tahun yang kasar dan ia bersekolah di sekolah umum, anak dari seorang penjahit dan ayahnya seorang pemabuk. Seluruh keluarganya memiliki reputasi yang buruk, Franz Kromer. Sinclair sangat mengenalnya dan ia juga takut padanya. Itulah sebabnya Sinclair tidak suka Franz bergabung dengannya dan kedua temannya.
Saat mereka mulai bercakap-cakap, teman-temannya menyombongkan diri dan membual mengenai kisah heroik dan kenakalan yang mereka lakukan, Sinclair yang saat itu masih polos hanya diam, namun ia takut jika diamnya akan menarik perhatian dan membuat Franz marah dan ke dua temannya mengucilkan dan meninggalkannya, maka ia mengarang sebuah kisah kebohongan tentang pencurian yang luar biasa untuk menunjukkan bahwa ia seorang jagoan. Namun kisah kebohongan yang ia ceritakan dengan bangganya, dimanfaatkan oleh Franz dan memanipulasi Sinclair.
Hingga pada akhirnya Sinclair bertemu dengan pemuda yang meski tampak seumuran dengannya, namun terlihat tidak seperti pemuda seusianya, Max Demian. Sinclair pertama kali bertemu dengan Demian ketika masih duduk di sekolah dasar. Sejak awal,pemikiran-pemikiran serta perbedaan sudut pandangnya tentang kisah Kain dan Habel atau di dalam Islam yang dikenal dengan Qabil dan Habil yang berbeda dari kebanyakan orang menarik perhatian Sinclair.
Novel karangan Hermann Hesse ini disajikan dengangaya bahasa filosofis dan tulisanyang berat. Berat dari segi gagasan dan pemikiran kritis penulisnya, yang mengharuskan para pembacanya menghabiskan waktu yang cukup lama serta membuat para pembacanya berpikir lebih dalam lagi untuk mencerna setiap kalimat-kalimatnya. Pada awalnya pembaca mungkin akan mengira bahwa Demian adalah tokoh utama dalam kisah ini. Tetapi, Demian hanyalah karakter yang membantu sang tokoh utama, Sinclair dalam mencari jati diri.
Walaupun demikian, novel ini mampu membuat para pembacanya ikut terhanyut ke dalam kisah ini dengan setiap rangkaian kata yang indah. Unsur-unsur seperti tempat, suasana, dan tokohnya dideskripsikan secara terperinci. Banyak pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan setelah membaca buku ini, tentang moralitas, sejarah masa lalu, pemikiran yang kritis, mitologi, simbolis, serta agama dan berbagai kepercayaan lainnya. Nampaknya, novel karangan Hermann Hesse ini menjadi surga bagi pecinta dan penikmat karya-karya klasik.
Dalam novel terjemahan ini juga dilengkapi panduan membaca untuk para A.R.M.Y yaitu sebuatan bagi fandom BTS. Dimana boy group terkenal asal Korea Selatan, BTS  ini menjadikan buku Demian sebagai inspirasi untuk pembuatan albumnya yang bertajuk “WINGS”. Dimana tema, tokoh, dan latar tempat dalam salah satu musik videonya BTS memasukkan unsur-unsur yang ada dalam novel Demian ini. (*)

Judul buku    : Demian-The Story of Emil Sinclair’s Youth (Terjemahan)
Penulis        : Hermann Hesse
Penerjemah    : Deasy Serviana
Penerbit    : Mata Aksara
Tebal buku    : 326 halaman + xii
Tahun terbit    : 2017
ISBN        :978-602-60332-7-7
Peresensi    : Avni Amelia Putri Krisna
Universitas Muhammmadiyah Malang, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Editor : Redaksi
Penulis : opini






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...