Malang Post - Cegah Banjir, Normalisasi Drainase Dewi Sartika

Minggu, 29 Maret 2020

  Mengikuti :


Cegah Banjir, Normalisasi Drainase Dewi Sartika

Rabu, 19 Feb 2020

BATU - Setelah kejadian banjir melanda beberapa lokasi di Kota Batu, DPUPR langsung bergerak. Melalui tim sapu jagad, DPUPR melakukab normalisasi gorong-gorong Jalan Dewi Sartika atau depan pasar Kota Batu. Mereka tidak ingin, banjir seperti di Jalan Semeru terjadi di kawasan pasar.


Sekretaris DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan normalisasi drainase dilakukan  tim Sapu Jagat DPUPR di lapangan. Tujuannya untuk meminimalisir bencana banjir
"Untuk meminimalisir banjir, beberapa saluran dilakukan normalisasi. Beberapa lokasi yang dilakukan normalisasi berada di Jalan Dewi Sartika dan Imam Bonjol. Kami angkat sampah dan endapan lumpur," ujar Alfi kepada Malang Post, Rabu (19/2).


Setiap hari, pihaknya mengangkut satu sampai tiga truk lumpur dan material sampah yang mengendap di drainase. Endapan tersebut menjadi salah satu faktor penyebab banjir karena lubang saluran jadi sempit.
Drainase Jalan Dewi Sartika memiliki kedalaman 1 meter dan lebar 1,2 meter telah tertutup endapan sampai ketebalan 50 sentimeter. Ketika hujan, air yang masuk ke drainase melebihi lubang sehingga air meluber.
"Tidak hanya normalisasi drainase, kami juga melakukan perbaikan drill rusak dan penambalan jalan berlubang. Dengan lokasi jalan berlubang dilakukan di Jalan Mustari, Kelurahan Songgokerto, Jurang Susuh, Desa Giripurno dan beberapa titik lainnya," bebernya.


Dosen Teknik Sipil UMM juga mengungkapkan, pihaknya sangat terbuka  setiap informasi masyarakat yang masuk. Tim Sapu Jagat memiliki prinsip dengar, rasakan dan laksanakan.
"Untuk menjawab keluhan warga, kami memiliki aplikasi Lapor Jalan Berlubang KWB. Kami akan menginventarisir, melakukan kajian, dan melakukan perbaikan semaksimal mungkin," pungkasnya. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdianto

  Berita Lainnya





Loading...