Cara Sukses Dengan Budidaya Kopi | Malang POST

Senin, 24 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Cara Sukses Dengan Budidaya Kopi

Sabtu, 04 Jan 2020,

Judul         : Rahasia Sukses Budidaya Kopi
Pengarang     : Tim Karya Mandiri
Penerbit     : Nuansa Aulia
Tahun Terbit     : 2018
Tebal Buku     : 14,5 x 21 cm
Harga Buku     : Rp 38.000
Jumlah Halaman : vi + 154 halaman

A. Pendahuluan
Buku Rahasia Sukses Budidaya Kopi ditulis oleh Tim Karya Tani Mandiri. Tim ini dibentuk untuk membantu petani dan penduduk Indonesia yang ingin berusaha dibidang pertanian, perkebunan, dan peternakan dengan cara menyediakan berbagai literasi dibidang tersebut.
Hisar Marthin Hasibuan merupakan salah satu anggota Tim Karya Tani Mandiri yang lahir di Medan, 5 Maret 1969. Beliau pernah bekerja sebagai Chief editor buku-buku SD (2007- 2008), Freelance editor di beberapa penerbit (2008-2010), Senior Editor di PT Satunusa (2010-sekarang).
Riwayat pendidikan tinggi yaitu Strata 1 Fakultas Pertanian – UNILA. Berkecimpung didunia penerbitan sejak tahun 1995 sehingga telah menyunting puluhan buku tekas pelajaran dan penunjang pelajaran mulai dari Kurikulum 1994, Kurikulum 1994 yang Disempurnakan, KBK, KTSP, KTSP Berbasis Pendidikan Karakter Bangsa dan Kurikulum 2013. Buku yang pernah diterbitkan antara lain Rahasia Sukses Beternak Sapi Potong (2017), Rahasia Sukses Beternak Burung Puyuh (2017), Rahasia Sukses Budidaya Ikan Nila (2017) dll.
Buku ini ditulis dengan melihat kondisi alam Indonesia yang cocok untuk budidaya tanaman kopi. Suhu udara yang tidak terlalu panas curah hujan yang cukup, tanah yang subur dan musim kemarau yang pendek tetapi Indonesia tidak lagi menjadi produsen kopi nomer satu dunia. Oleh karena itu, kualitas dan kuantitas produksi kopi perlu terus ditingkatkan. Salah satunya dengan penyebarluasan pengetahuan tentang budidayaan kopi yang baik.
Buku ini disusun sedemikian rupa untuk memberi pemahaman yang baik tentang budidaya kopi yang meliputi penyiapan lahan, penyiapan bibit tanaman, penanaman, pemeliharaan tanaman, serta penanganan panen dan pasca panen.

B. Tubuh/ Isi Resensi
Kehadiran buku ini dapat memberikan pengetahuan tentang cara budidaya kopi yang baik dan benar. Dalam buku ini membahas tentang mengenal lebih jauh tentang kopi mulai dari sejarah ditemukannya kopi, syarat tumbuh kopi, klasifikasi kopi dan kandungan kopi yaitu kafein. Sebelum melakukan budidaya pembaca harus mengetahui macam-macam kopi agar dapat dibudidayakan dengan baik sesuai lingkungan tumbuh. Jenis-jenis kopi yang unggul yang bisa
ditanam diindonesia yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi varietas unggul. Kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang tanaman kopi terutama tentang
perbanyakan tanaman yang nantinya akan menentukan hasil panen. Pembibitan tanaman kopi
bisa dilakukan dengan cara generative yaitu dengan menanam benih yang baik atau dengan hasil
panen yang bisa ditanama kembali. Penanaman kopi juga bisa dilakukan dengan cara vegetative
yaitu dengan cara okulasi dan stek.
Untuk menghasilkan produktivitas/ hasil panen yang baik tentu banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya penyiapan lahan. Unsur hara yang dibutuhkan pada waktu penyiapan lahan yaitu unsur makro (esensial). Sebelum dilakukan penanaman lahan harus teril dari hama
dan pathogen tanah dan juga unsur hara yang cukup bagi tanaman kopi. Tanaman kopi ditanam
diawal musim penghujan sehingga tanaman cukup air dan dengan jarak tanam 30x50 cm.
Kopi merupakan tanaman yan tidak tahan kekeringan oleh karena itu kopi ditanam dibawah naungan. Pemeliharaan dilakukan dengan memberikan pupuk kandang dan pupuk urea 35 g/pohon dan 16g/pohon. Selain itu, pemangkasan bertujuan membuang cabang/ranting tanaman yang tidak produktif. Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan pengendalian mekanik dengan mengambil hama yang ada pada tanaman. Proses panen tanaman kopi yaitu dengan memetik buah yang berwarna merah segar. Buah seperti ini rasanya manis karena mengandung gula. Kopi yang sudah dipanen tidak boleh disimpan lebih dari 12 jam. Proses pasca panen meliputi penyortiran buah kopi, metode kering(tidak menggunakan air saat memisahkan biji kopi dari buahnya) dan juga metode basah.
Buku ini sangat informatif dan praktis mudah dimengerti oleh pembaca yang ingin membudidayakan tanaman kopi. Dalam buku ini juga banyak membahas cara bertanam kopi dengan sangat detail dari penyiapan lahan sampai pasca panen. Buku ini juga mempunyai cover yang menarik sehingga menarik minat pembaca. Kelemahan dari buku ini adalah gambar tidak berwarna dan juga ada istilah asing yang sulit dimengerti oleh petani Indonesia.

C. Penutup
Buku ini sangat bermanfaat untuk para petani atau orang yang ingin membudidayakan kopi dengan baik. Buku ini mengandung banyak pengetahuan yang sangat rinci mulai dari penyiapan bibit tanam samapi proses pasca panen untuk menghasilkan kopi yang banyak dan berkualitas. Buku ini juga mempunyai gambar yang lebih mudah dipahami oleh pembaca.


Biodata Peresensi
Nama         : Alfan Fa’idhur Rozi
Alamat     : Jl. Tirto Taruno No.2A, Dusun Klandungan, Landungsari, Kec. Dau, Malang, Jawa Timur, 65151
E-mail         : alfanfaidhur88@gmail.com
Study         : Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas     : Pertanian – Peternakan
Program Studi : Agroteknologi

Editor : Redaksi
Penulis : Malang Post

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...