Malang Post - Cara Mudah Atasi Komedo Bandel

Selasa, 31 Maret 2020

  Mengikuti :


Cara Mudah Atasi Komedo Bandel

Minggu, 08 Des 2019

BEAUTY Lovers, Komedo menjadi salah satu masalah kecantikan yang dialami kaum hawa. Untuk menghilangkannya, harus memerlukan cara yang ekstra. Komedo bisa disebabkan banyak hal. Bisa karena kondisi wajah yang tidak bersih, konsumsi makanan yang memang meningkatkan risiko komedo hingga stres atau depresi.
Munculnya komedo terjadi karena ada sumbatan folikel rambut, baik karena produksi minyak yang telalu banyak ataupun karena kulit mati. Sehingga, menyumbat pori-pori dan muncul kehitaman atau blackheads. Warna hitam ini muncul karena paparan oksigen yang membuat kulit menggelap. Tetapi ketika pori-pori tertutup sepenuhnya, jerawat yang muncul disebut whiteheads dan umumnya lebih terlihat.
Ada beberapa faktor pemicu munculnya komedo, diantaranya menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya. Perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah juga bisa jadi pemicu. Selain itu, berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali memunculkan komedo. Faktor lain adalah sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit dan kulit yang terlalu kering.
 Jenis Komedo ada dua macam yakni, komedo hitam dam putih. Komedo hitam bersifat terbuka dan ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Komedo hitam ini umumnya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo putih tidak nampak, jika dibandingkan dengan komedo hitam. Tapi bisa ditemukan dengan cara menekan pori-pori wajah.
Ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo. Pertama dengan uap panas. Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Yakni, rebus semangkuk air panas dan tempatkan wajah di atas air tersebut. Tutupi kepala dengan handuk. Biarkan pori-pori menyerap uap panas dan melemaskan komedo. Ini akan membuat komedo lebih mudah keluar.
Cara lainnya adalah sikat wajah elektronik. Alat yang efektif untuk pengelupasan dan membersihkan kulit, untuk mencegah pembentukan komedo. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih sikat, agar kotoran tak mengendap dan justru mengotori kulit.
Langkah selanjutnya yakni hapus makeup di malam hari. Selelah apapun, usahakan untuk selalu membersihkan sisa make-up di malam hari sebelum tidur. Pasalnya, produk perawatan kulit yang terdiri dari pewarna buatan, minyak, dan wewangian dapat menyumbat pori-pori, dan selanjutnya menimbulkan komedo. Lagipula, di malam hari adalah waktunya bagi kulit untuk regenerasi, sehingga ada baiknya kulit dalam keadaan bersih dan mudah ‘bernapas’.
Nah, Beauty lovers juga bisa menggunakan pembersih alami yang terbuat dari madu buatan sendiri. Bersihkan wajah di pagi hari, sebelum tidur, dan bahkan setelah berolahraga, karena keringat berlebih dapat menyumbat pori-pori. Meski demikian, jangan juga terlalu sering membersihkan kulit, karena justru akan membuat kulit dehidrasi.
Proses pengelupasan kulit dengan scrub wajah yang lembut atau krim peeling untuk pengelupasan kulit dua atau tiga kali per minggu bisa dilakukan. Pengelupasan kulit bermanfaat menghilangkan sel-sel mati pada kulit, yang jika dibiarkan bisa menyumbat folikel pada wajah atau di tempat lain dalam tubuh. Namun, bagi pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati melakukan pengelupasan dan sebaiknya tidak terlalu sering.
Hal penting lainnya adalah jaga kelembaban kulit. Pelembab konvensional cenderung membuat kulit dehidrasi, meningkatkan produksi minyak, dan karenanya meningkatkan kemungkinan terbentuknya komedo yang lebih banyak. Lebih baik pilih pelembab yang terbuat dari bahan-bahan alami, vitamin, enzim dan asam amino, yang meningkatkan kesehatan kulit, seperti lidah buaya, minyak zaitun, madu, dan lainnya.
Eksfoliasi menggunakan sabun muka dengan asam salisilat secara teratur. Gunakan produk yang mengandung zat pengelupas (exfoliant) seperti asam salisilat atau beta hydroxyl acid satu atau dua minggu sekali. Gunakan Masker Clay untuk membersihkan wajah dan sel kulit mati. Namun, efeknya kulit bisa jadi kering sehingga selalu gunakan pelembab setelah memakai masker. Pore Strip pada dasarnya merupakan pertolongan pertama pada komedo. Cara itu cukup efektif dan sangat populer. Walau begitu, jangan diamkan pore strip terlalu lama di kulit seperti yang dianjurkan.
Tidak semua jenis komedo bisa hilang dengan perawatan di rumah seperti facial. Namun, perlu konsultasi dengan dokter kecantikan atau klinik untuk melakukan facial. Terapi ini mungkin memerlukan ekstraksi komedo. Terkadang kita juga butuh mikrodermabrasi atau terapi laser. (tea/oci)

Editor : Rosida
Penulis : amanda

  Berita Lainnya





Loading...