Malang Post - Bunga Semanggi Lawatan Budaya ke Zegreb

Rabu, 01 April 2020

  Mengikuti :


Bunga Semanggi Lawatan Budaya ke Zegreb

Minggu, 24 Nov 2019

Kroasia, sebuah negara yang terletak di benua Eropa serta berbatasan dengan Slovenia dan Hongaria di sebelah utara, Bosnia Herzegovina dan Montenegro di tenggara, Serbia di Timur dan laut Adriatik di Barat. Wilayah ini dulunya dikuasai Austro-Hungaria hingga perang dunia I dan pada tahun 1918, Kroasia bersama Serbia dan Slovenia membentuk sebuah kerajaan Yugoslavia. Namun setelah Perang Dunia II, Kerajaan Yugoslavia berubah menjadi negara komunis dengan sebutan Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Kroasia berhasil melepaskan diri tahun 1991.
Kroasia memiliki bentangan alam yang memesona serta didukung dengan infrastruktur bergaya Eropa, membuat perkotaan di sana mampu memanjakan mata. Keindahan tersebut juga sempat dinikmati oleh tim Bunga Semanggi di sela-sela lawatan budaya dalam rangka menghadiri undangan resepsi diplomatik oleh Kedutaan Besar RI di Zagrep, sekaligus perayaan HUT ke-74 RI.
Koordinator tim Bunga Semanggi, Heni Swast Hardito, mengatakan selain lawatan budaya juga ada menyempatkan berkunjung ke beberapa wisata, antara lain di Karlovac berkunjung ke Museum Nasional Bosnia-Herzegovina yang merupakan museum bekas perang Bosnia, Sea Organ di Zadar.
“Sea Organ, objek wisata yang memainkan musik melalui gelombang suara. Jadi ketika ada ombak ada suara-suara, selain itu kami juga berkunjung ke beberapa destinasi di Vienna seperti Schonbrunn Palace, Museum Quartiers Vienna, serta Lower Belvedere & Upper Belvedere,” ujar Heni, sapaan akrabnya.
Schonbrunn Palace dulunya merupakan tempat kediaman musim panas kerajaan yang memiliki gaya Barok. Dibangun sejak tahun 1696 wisata ini paling banyak dikunjungi wisatawan lantaran bangunannya yang indah dengan taman di sekelilingnya. Serta dihiasi monumen Gloriette, Palm house yakni rumah bagi puluhan tanaman. Pada musim semi atau panas halamannya dipenuhi bunga.
Destinasi selanjutnya di Vienna yang dikunjungi tim Bunga Semanggi yakni museum terbesar di dunia yang berada di kompleks bangunan bersejarah abad ke-18 dan 19, Museum Quartiers Vienna. Onjek wisata ini banyak dimanfaatkan warga setempat untuk menggelar kegiatan kebudayaan atau festival. Di sinilah banyak karya seni dari para seniman di Vienna sejak tahun 1900.
Tak lupa, selama di Vienna inilah tim Bunga Semanggi juga diajak oleh Duta Besar RI untuk Kroasia berkunjung ke Lower Belvedere & Upper Belvedere. Istana ini dibangun pada abaf ke-18 sebagai tempat tinggal pangeran Eugene dan Savoy di saat musim panas. Di Upper Belvedere terdapat aneka lukisan kerajaaan termasuk pengunjung juga bisa melihat karya dari seniman Autria, Gustav Klimt sedangkan Lower Belvedere juga digunakan menyimpan koleksi barang-barang kerajaan.
“Selama lawatan budaya ini selain sambutan yang ramah juga kami diajak berkeliling, wisata kuliner dan diajak berbelanja di sana,” jelasnya.
Heni melanjutkan, hal paling mengesankan dari Kroasia adalah makanan platternya yang hampir setiap hari dinikmati. Selain itu juga misi tim Bunga Semanggi mengenalkan budaya Indonesia ke warga Kroasia terbilang sukses, bahkan banyak masyarakat yang meminta foto kepada tim ini.
“Untuk pertama kalinya duta besar untuk Kroasia datang di acara ini, itu paling berkesan. Selain itu banyak yang penasaran dengan pakaian kami, karena dimanapun selalu berkain, pasti ada yang lihat, minta foto. Mereka juga tanya kain apa yang kami gunakan, batik sungguhan atau printing, dikenakan sehari-hari atau baju festival dan banyak yang tertarik. Dari sini kami juga ingin menginfluence bahwa batik itu bisa dikenakan baik saat kegiatan formal maupun sehari-hari,” tandas perempuan berhijab ini. (lin/jon)

Editor : parijon
Penulis : Linda

  Berita Lainnya





Loading...