Malang Post - Bisnis Menarik Bermunculan, Hitunglah Untung Rugi

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Bisnis Menarik Bermunculan, Hitunglah Untung Rugi

Sabtu, 25 Jan 2020

2020, tahun tikus logam. Ini rentang waktu penuh inovasi dalam bisnis. Ahli geomancer fengshui, Drs. Hariadi menyebut, unsur utama dari tikus adalah air. Sifat air yang dinamis dan terus bergerak serta mengalir, menjadi penanda bahwa 2020 bakal bermunculan prospek bisnis yang menarik.
“Air itu kan distributif, mengalir, bergerak, gampang dicerna, sesuatu yang inovatif, menarik, akan muncul dan menjadi pusat perhatian. Tapi, menariknya pun hanya sesaat, seperti air. Begitu air surut, habis,” papar Hariadi kepada Malang Post.
Bisnis-bisnis yang menarik bagi pemodal maupun calon pengusaha, harus ditanggapi dengan hati-hati. Dia mencontohkan, bisnis kopi sangat booming dan menarik di Malang. Namun, jika tidak hati-hati dalam perencanaan jangka panjang, serta tidak meneladani ahli dalam berbisnis, maka bisnis tersebut bisa cepat rontok. Hal ini dikomplemenkan dengan sifat logam, yang mirip dengan karakter masyarakat Malang yang keras.
“Malang kan tipikal orang-orang keras. Biasanya ketika bicara bisnis, selalu ngomong, yang penting kerja dahulu, untung urusan belakangan. Repotnya begini memang, kerja didahulukan, untung rugi tak diperhitungkan, sehingga bisnis malah bangkrut,” sambung pria yang juga ahli akupuntur ini.
Meski tahun tikus logam berpotensi memunculkan bisnis yang inovatif, Hariadi berpesan agar perencanaan tetap dinomorsatukan. Terutama, perhitungan matang tentang untung rugi sebuah usaha yang sedang menarik, serta pandangan para ahli di bidang bisnis yang booming tersebut.
“Perhitungan matang, tanya ahlinya, strategi dibarengi dengan fokus, tertib, teliti dan hati-hati. Sukses bisnis bukan karena bisnis itu menarik, tapi karena kerja keras dan semangat tinggi,” tambahnya.
Menurut Hariadi, para pebisnis harus berhati-hati dengan bisnis menarik yang berbau janji muluk.Contohnya, Multi Level Marketing (MLM). Tidak ada salahnya dengan MLM, selama sistem penjualan jelas. Selama tidak mendoktrin calon pelanggan dengan janji-janji super manis, dan fokus pada kerja keras serta berbasis produk yang layak dijual, hal tersebut tak jadi persoalan.
Bisnis dengan janji muluk dan menggiurkan, berkedok keuntungan berlipat-lipat, dengan jargon-jargon pamer gaya hidup dari hasil berbisnis, harus diwaspadai. Karena, kembali lagi kepada prinsip tikus logam, semua bisnis yang menarik akan muncul di tahun 2020. Namun semua itu seperti air yang akan hilang saat surut.
Selanjutnya, Hariadi menyebut dunia pemerintahan akan sangat berpengaruh dalam bisnis di tahun 2020. Karena, pemerintah punya peran penting untuk memberi stimulan bagi bisnis.
Misalnya, mempermudah izin investasi. Dia merinci, tahun tikus logam yang identik dengan air dan elemen logam, akan memunculkan benturan bila tidak ditata dan tidak mematuhi aturan hukum.
Dari sisi pemerintahan, Hariadi menyebut akan ada niatan baik dari pemerintahan untuk pengembangan bisnis. Tapi, niat baik ini tidak bisa diterima dengan baik karena bertabrakan dengan aturan hukum.
“Pemerintahan, boleh membantu dalam hal usaha di Malang, tapi harus tetap fokus, teliti dan hati-hati. Jangan sampai kasus yang lama terulang lagi, harus sangat hati-hati. Maunya bantu tapi masalah, karena menomorduakan peraturan. Supaya tak jadi masalah, harus hati-hati,” pesan Hariadi.(fin/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Fino Yudistira

  Berita Lainnya





Loading...