Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-anak Penderita kanker | Malang Post

Sabtu, 18 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Sabtu, 30 Nov 2019

MALANG – Icha R. Soeyatnoko, staf media officer Arema FC, memiliki satu kegiatan berharga di luar kesibukan pekerjaannya. Kegiatan tersebut adalah berbagi kebahagiaan, dengan anak-anak penderita kanker di Malang. Icha, nyaris dua tahun terakhir ini kerap membagikan senyum dan keceriaan ketika bergabung dengan Sahabat Anak Kanker Malang.
“Awalnya, saya masuk kesana karena waktu itu diminta teman mencari satu Lembaga untuk menerima donasi. Waktu itu mencari informasi dari beberapa teman, tujuannya agar donasi tersebut tepat sasaran,” ujar Icha mengawali cerita.
Lantas, dia melihat ada lembaga yang peduli anak-anak, dan kebetulan peduli pada mereka yang sakit kanker bernama Sahabat Anak Kanker. Usut punya usut, kegiatan tersebut sejatinya melibatkan pemain muda Arema FC, Hanif Sjahbandi.
“Setelah itu saya melihat kegiatan mereka menarik. Memberikan pendampingan kepada anak-anak yang sakit kanker dengan sesuatu yang fun. Jadi hidup kita itu bisa berarti buat orang lain, walaupun hanya sekadar mengajak mereka bermain, tersenyum,” papar dia kepada Malang Post.
Sejak saat itu, Icha akhirnya kerap mengikuti kegiatan Sahabat Anak Kanker. Minimal, sebulan sekali dia akan bertemu dengan para pengidap kanker tersebut. Tetapi, kadang bisa lebih dari sekali.
“Setiap minggu biasanya ada kegiatan, tapi kalau festival untuk anak-anak sekitar sebulan sekali. Kegiatan paling simpel sih pendampingan di rumah sakit, mengajak main mereka, bersama orang tuanya, yang kadang juga menunggui anak-anak itu. Orang tua pun butuh hiburan, sedikit saja melupakan beban,” terangnya.
Menurutnya, salah satu yang wajib diperhatikan ketika bergumul dengan anak-anak tersebut adalah dilarang sedih. Menangis adalah pantangan, karena bisa memberikan tambahan beban bagi anak-anak tersebut.
“Mereka kan banyak yang tidak paham atau tidak menyadari sedang sakit. Jadi kita harus seperti bertemu dengan teman sehat lainnya. Jangan sedih, nanti memberikan tambahan beban,” tambahnya.
Selain itu, diakuinya, dia kerap mengajak atau memberitahukan keberadaan Sahabat Anak Kanker kepada kerabatnya. Tujuannya, dia ingin mengajak mereka peduli, baik dalam hal materi maupun ikut care pada orang lain.
“Pastinya juga mengajak untuk donasi seperti membelikan susu, mainan, apapun yang dibutuhkan,” terang Icha.
Icha juga sudah mengajak beberapa pemain Arema dalam kegiatan Sahabat Anak Kanker. Misalnya Takafumi Akahoshi, bersama istrinya, Izumi dan putrinya, ketika ada acara festival bulanan.
Dia menyampaikan, dari kegiatan tersebut, dia bangga. Sebab, sekalipun sekadar mengajak bermain, setidaknya dia bisa berbagi kebahagiaan untuk anak-anak penderita kanker tersebut.
“Rasanya senang, bangga dan terharu juga. Meskipun hanya menemani bermain, kita bisa ngasih kebahagiaan. Padahal di balik itu, anak-anak ini berjuang untuk bisa survive melawan sakitnya, dan mereka ini butuh sekali senyum kita untuk melewati hari-harinya,” sebutnya.
Baginya, aktif di kegiatan Sahabat Anak Kanker, sama menyenangkannya dengan hobinya akan fotografi. Ia bisa mendapatkan pesan moral dengan berkumpul bersama anak-anak yang sedang berjuang melawan kanker.
 “Bila kita biasa menangkap ekspresi orang lewat kamera, maka kegiatan sosial bisa menangkap dan merasakan perasaan orang lain lewat mata, tangan dan hati kita. Kepekaan sosial itu penting untuk menyadarkan diri kita, juga koreksi serta keseimbangan hidup. Dulu juga pernah ajak anak-anak kanker ini ke stadion menyaksikan laga Arema. Nah itu salah satu kegiatannya juga. Dengan berbagai pendampingan dari pihak rumah sakit juga waktu itu," katanya. (ley/jon)

Editor : Parijon
Penulis : Stenly






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...