Batik Pewarna Alami, Laris Sampai Eropa | Malang POST

Senin, 17 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Senin, 13 Jan 2020,

MALANG - Ada satu lagi karya unik yang dihasilkan oleh pemuda Kota Malang, yakni outfit motif batik yang dibuat dengan menggunakan bahan ramah lingkungan. Yakni menggunakan pewarna alami dari daun Jati, daun Jarak, sampai dengan Ketepeng China.
“Kami menggunakan bahan katun organik, kemudian untuk pewarnanya tidak menggunakan pewarna tekstil sama sekali,” kata Owner Lakhsmee Indonesia, Levita Damaika Anggraini.
Bahkan disampaikannya, ia menanam sendiri sejumlah tanaman yang digunakan sebagai pewarna alami bagi motif batiknya tersebut. Yang menjadi ciri khas dari motif batik produksinya adalah pemilihan warna soft untuk setiap hasil karyanya. “Kalau batik Lakhsmee Indonesia memang cenderung ke warna soft, karena lebih disukai juga sama konsumen dari mancanegara,” ungkapnya.
Jadi batik yang dihasilkan oleh Lakhsmee kebanyakan terdiri dari warna-warna lembut. Seperti coklat muda yang lebih ke warna terang, kuning muda, sampai dengan biru muda. Sedang produk batik dari Lakhsmee Indonesia ini semuanya dirilis dalam bentuk ‘ready to wear’.
“Jadi produk kita kebanyakan itu dress, baju, kemeja, sampai hijab. Belakangan ini produk kita yang paling tinggi peminatnya adalah scraf dan hijab,” tandasnya.
Untuk harga dari setiap item Lakhsmee Indonesia sangat beragam, yakni mulai dari Rp 20 ribu sampai dengan Rp 3 juta. Biasanya produk batik yang dihasilkan oleh UMKM yang sudah berdiri sejak lima tahun lalu ini dijual pada momen-momen pameran. “Kita seringnya memasarkan di pameran-pameran, tapi kita ada onlineshop juga. Atau konsumen juga bisa datang langsung ke studio kita,” sebutnya.
Sementara itu, disampaikannya juga, bahwa produk batik yang dihasilkan oleh Lakhsmee Indonesia telah berhasil memasarkan produknya sampai ke sejumlah negara di Eropa. Mulai dari Jerman, Slovakia, sampai dengan Rusia. “Nanti sebentar lagi ini kami juga akan mengirim ke California, karena kebanyakan memang masih mulut ke mulut,” lanjut dia.
Lebih lanjut, produk Lakhsmee Indonesia sendiri sudah sering terlibat dalam berbagai giat pameran maupun fashion show di berbagai daerah. Motifnya kontemporer dengan warna soft sangat cocok untuk dikreasikan dan dipadu padankan dengan desain yang unik.(asa/lim)

Editor : Abdul Halim
Penulis : Inasa All Islamiya



Loading...