Malang Post - AS Perketat Pemeriksaan di Tiga Bandara

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


AS Perketat Pemeriksaan di Tiga Bandara

Sabtu, 18 Jan 2020

WASHINGTON DC - Amerika Serikat mulai melakukan pemeriksaan ketat terhadap penumpang pesawat dari China di tiga bandara sejak Jumat (18/1), di tengah kekhawatiran akan penyakit seperti pneumonia misterius yang disebabkan coronavirus.
"Untuk melindungi kesehatan publik Amerika selama masa darurat coronavirus, Pusat Kendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mulai memeriksa jalur masuk di tiga tempat," ujar pejabat senior CDC, Martin Cetron, seperti dikutip AFP.
Cetron kemudian menjabarkan bahwa pemeriksaan itu akan dilakukan di bandara San Francisco, New York, dan Los Angeles. Ketiga bandara ini merupakan destinasi terbesar untuk penerbangan lanjutan. "Kami memperkirakan proses pemeriksaan dalam beberapa pekan ke depan melibatkan sekitar 500 orang," ucap Cetron.
Dalam masa tersebut, para pelancong dari China akan diminta untuk mengisi kuesioner dan menyerahkannya ke tempat pemeriksaan suhu tubuh. Mereka yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona akan dibawa ke fasilitas lainnya untuk menjalani tes kira-kira selama satu hari.
AS memutuskan untuk memperketat pengamanannya karena saat ini penyakit yang belum diketahui pasti penyebabnya itu sudah merenggut dua nyawa di China. Selain itu, virus tersebut juga sudah terbawa ke Thailand dan Jepang melalui orang yang datang dari China. Wabah pneumonia berat ini pertama kali ditemukan di Wuhan pada Minggu (5/1), ketika 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota itu mengalami gejala seperti pneumonia.
Dinas Kesehatan Kota Wuhan kemudian melaporkan bahwa satu warga meninggal akibat penyakit tersebut, sementara tujuh lainnya masih dalam kondisi kritis.
Sampai saat ini, belum diketahui pasti penyebab penyakit tersebut. Merujuk pada diagnosis sementara, 41 kasus pneumonia di Wuhan diduga disebabkan oleh virus corona tipe baru. (cnn/det/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Net

  Berita Lainnya





Loading...