Malang Post - Anggaran Terbatas, Revitalisasi Pasar Mergan Mandek

Senin, 06 April 2020

  Mengikuti :


Anggaran Terbatas, Revitalisasi Pasar Mergan Mandek

Selasa, 14 Jan 2020

MALANG - Revitalisasi Pasar Mergan tahun 2019 lalu belum rampung sepenuhnya. Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat sebesar Rp 1,1 miliar masih belum cukup untuk menuntaskan pembangunannya. Saat ini pembangunan sudah mencapai 80 persen. Itu sudah sesuai dengan perencanaan awal, hanya selesai pada 80 persen pembangunan fisiknya.
Fasilitas umum pasar belum sepenuhnya digarap. Hal ini diakui Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopinda) Kota Malang Wahyu Setianto.
“DAK kemarin itu belum bisa menyempurnakan pembangunan revitalisasi Pasar Mergan. Karena memang dana yang dibutuhkan lebih dari itu,” tegas Wahyu saat dikonfirmasi Malang Post.
Untuk menyelesaikan pembangunannya, di tahun ini Pemkot Malang sudah menganggarkan dana tambahan revitalisasi pasar rakyat yang berada di kawasan Jalan Raya Langsep ini. Hanya saja, Wahyu tidak hafal berapa anggaran tambahan dari APBD Kota Malang itu.
Saat ini infrastuktur yang telah terbangun adalah bagian atap, sebagian lapak pedagang dan juga fasilitas umum seperti kamar mandi dan MCK lainnya. Inilah yang akan disempurnakan oleh Pemkot Malang tahun ini.
“Bulan ini kita susun perencanaannya. Semoga bisa dibangun lagi secepatnya karena kami juga sedang mendata yang kurang apa saja,” papar mantan Kasatpol PP Kota Malang ini.
Sementara itu, Pedagang Pasar Mergan berjumlah kurang lebih 200 pedagang masih menempati tempat relokasi sementara. Dalam pantauan Malang Post, bagian tempat lapak pedagang belum semuanya terbangun. Terdapat bagian yang masih kosong belum terbangun.
“Ya itu dia sisa lapak yang belum kita bangun dengan tambahan APBD tahun ini,” tegasnya.
Revitalisasi pasar rakyat lain yang menggunakan DAK tahun 2019 lalu tidak hanya Pasar Mergan. Sedang dalam progress juga adalah pembangunan Pasar Kasin. Dikatakan Wahyu, Pasar Kasin hanya mendapatkan jatah dari DAK sebesar Rp 600 juta.
Sedangkan kebutuhannya lebih daripada itu. Maka dari itu seperti Pasar Mergan, Pasar Kasin juga akan tertunda pembangunannya menunggu realisasi APBD 2020. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : fFrancisca Angelina

  Berita Lainnya





Loading...