Al-Irsyad Al-Islamiyyah Akrabkan Siswa dengan Sekolah | Malang POST

Minggu, 23 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Al-Irsyad Al-Islamiyyah Akrabkan Siswa dengan Sekolah

Selasa, 24 Sep 2019,

MALANG - Dalam rangka memeriahkan Milad Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang ke 105, SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Malang menggelar perlombaan. Ada tiga mata lomba dalam kegiatan yang digelar, Sabtu (21/9). Antara lain lomba cerdas cermat, lomba presentasi dan lomba Nasyid. Seluruh mata lomba tersebut berkaitan tentang Al-Irsyad Al-Islamiyyah.
Kepala SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Malang, Putri Haryun Aroeboesman, S. Pd mengatakan acara milad Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyyah, menjadi salah satu momentum bagi lembaga di bawah naungan yayasan tersebut untuk berbenah diri. Namun sebelum mencapai ke arah tersebut, perlu upaya penguatan internal lebih dulu. Minimal pengetahuan dan wawasan tentang  Al-Irsyad Al-Islamiyyah.
Oleh sebab itu, tiga mata lomba yang digelar untuk memeriahkan acara milad, seluruhnya tentang Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Dengan tujuan agar siswa semakin mengenal dan mengerti secara utuh tentang yayasan yang menaungi sekolahnya.
“Minimal anak-anak bisa menjawab dan menjelaskan kepada masyarakat ketika ditanya masyarakat tentang sekolah mereka,” ucap Puput, sapaan akrabnya.
Ia menjelaskan, ada banyak manfaat dari sebuah perlombaan. Yang paling tampak menurutnya adalah menambah wawasan dan memupuk kepercayaan diri siswa. Misalnya dalam cerdas cermat tentu banyak sharing ilmu pengetahuan antara guru sebagai juri dengan siswa sebagai peserta.
Rasa percaya diri siswa digambarkan  melalui keberanian mereka dalam menjawab pertanyaan. Karena setiap siswa memiliki tingkat pengetahuan dan kepercayaan yang berbeda. Sehingga menjadi tugas guru untuk meningkatkan kemampuan siswa, menjadi pelajar yang berani dengan dasar pengetahuan yang mereka miliki.
“Memang itu tidak mudah, semuanya butuh proses dalam tahap pendidikan yang kami terapkan di sekolah ini,” imbuhnya.
Disisi lain, perlombaan melatih ketangkasan dan fokus siswa terhadap satu hal. Serta membuat mereka mandiri dan mampu bekerjasama dalam tim.
“Dan yang pasti kami juga mengajarkan pada anak-anak untuk memiliki jiwa yang besar dan pantang menyerah. Sebab dalam sebuah lomba pasti ada yang lebih unggul. Maka jiwa yang berkarakter harus bisa menyikapi setiap kemenangan dan kekalahan dengan sportif,” terangnya.
Pembahasan tentang karakter tidak akan ada habisnya di lembaga pendidikan. Jangkauan nilai karakter yang menjadi orientasi utama pendidikan nasional sangatlah luas. Yang paling utama tentang akhlak atau perilaku. Poin inilah yang akan akan terus diperkiat SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah sebagai bentuk evaluasi di momen milad yayasan kali ini.
“Perhatian utama kami selama ini adalah adab anak-anak. Sebab kondisi akhlak di tengah pergaulan saat ini sudah sangat memprihatinkan, maka harapan kami anak-anak bisa mewarnainya dengan akhlak yang terpuji,” pungkasnya. (imm/oci)

Editor : Rosida
Penulis : imam

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...