Malang Post - Akurasi Inspeksi Visual Asam asetat, Test Capai 90 Persen

Rabu, 08 April 2020

  Mengikuti :


Akurasi Inspeksi Visual Asam asetat, Test Capai 90 Persen

Jumat, 21 Feb 2020

MALANG – Puskesmas Polowijen, Kecamatan Blimbing, Kota Malang siap untuk menjadi wakil Kota Malang dalam lomba Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) test tingkat nasional tahun 2020. Puskesmas yang berada di Jalan Panji Suroso ini sudah memiliki pemeriksaan dini untuk kanker sudah lengkap.


Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji, Kamis (20/2) , mengunjungi Puskesmas Polowijen untuk meninjau kesiapan dalam mengikuti lomba Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) test tingkat nasional. Menurut Kepala Puskesmas Polowijen dr. Lisna  yang menerima kunjungan tersebut mengatakan, tingkat keakuratan hasil IVA cukup tinggi, sebanding dengan pemeriksaan papsmear. Pemeriksaan IVA dilakukan dengan meneteskan asam asetat (asam cuka) pada permukaan mulut rahim. Teknik ini dinilai terjangkau, mudah, hanya memerlukan alat sederhana, dan hasilnya bisa langsung didapatkan.
"Tingkat akurasinya mencapai 90 persen sama seperti papsmear," terang Lisna.


Dijelaskannya, bila hasil tes IVA positif, maka langkah selanjutnya melakukan tatalaksana cryotherapy yang sudah bisa dilakukan di Puskesmas Polowijen.
"Di Puskesmas Polowijen sendiri pemeriksaan dini untuk kanker sudah lengkap, mulai dari tes IVA hingga tatalaksana Cryotherapy bisa kami lakukan. Dikerjakan oleh dokter dan dibantu oleh bidan yang profesional," jelasnya.


Selain tindakan medis menurutnya, di Puskemas Polowijen juga memiliki program khusus sebagai langkah pencegahan, yakni dengan melakukan berbagai penyuluhan, baik di Puskesmas maupun diluar Puskesmas.
"Kegiatan penyuluhan ini rutin kami lakukan. Sehingga kami berharap ini bisa menjadi lifestyle bagi perempuan agar sadar untuk memeriksakan dirinya sendiri, setidaknya 1 tahun sekali," pungkas Lisna.


Ketua TP PKK Kota Malang Widayati Sutiaji menjelaskan, layanan IVA Test dapat dimanfaatkan dengan baik di Puskesmas Polowijen.
"Ini bukan hanya untuk lomba saja. Kita harus menyadari bahwa bahaya kanker serviks ada dimana-mana. Maka sedini mungkin harus paham soal hal ini. Jadi layanan IVA Test kami pastikan ada di seluruh wilayah di Kota Malang," jelas Widayati. (ica/mp3/sir/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Francisca Angelina

  Berita Lainnya





Loading...