Ajang Kompetisi Basket dan Lomba Science | Malang POST

Sabtu, 29 Februari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Ajang Kompetisi Basket dan Lomba Science

Kamis, 13 Feb 2020,

Siswa-siswi SMPK Kolese Santo Yusup 2 selalu menorehkan prestasi di berbagai ajang perlombaan

Saint Joseph 2 Smart Competition

MALANG - Untuk memberikan wadah untuk peserta didik tingkat sekolah dasar agar terdapat keseimbangan kompetisi antara pembelajaran akademis dan non akademis, SMP Katolik Kolese Santo Yusup 2 Malang akan mengadakan lomba Science, dan olahraga basket tingkat Sekolah Dasar. 
Kegiatan lomba tersebut diberi nama Saint Joseph 2 Smart Competition (SJ2SC) dan menjadi agenda rutin SMPK Santo Yusup 2 setiap dua tahun sekali. Hadiah jutaan rupiah siap digelontorkan untuk para juara. Selain uang pembinaan, hadiah berupa tropi, voucher dan piagam akan diberikan kepada pemenang. 

Ada dua bidang lomba yang akan digelar di SJ2SC kali ini, yaitu invitasi bola basket dimulai 19 Februari dan kompetisi sains digelar 22 Februari. Lomba bola basket merupakan ajang lomba pertama dalam SJ2SC karena tahun-tahun sebelumnya menggelar futsal.
“Melalui lomba ini kami ingin menjaring potensi-potensi unggul dari siswa SD," kata Ketua Panitia SJ2SC  Theofilda Wulan Dwiningsih, S.Pd kepada Malang Post, kemarin.
Dia menjelaskan, digantinya futsal dengan basket karena olahraga basket merupakan program ekstrakurikuler yang favorit di SMPK Santo Yusup 2. Itu dibuktikan dengan rentetan prestasi basket yang diraih siswa SMPK Santo Yusup 2 selama ini. 
Untuk lomba basket hanya akan diikuti delapan tim, yaitu dari sekolah-sekolah yang diundang saja. "Karena basket ini baru pertama digelar, jadi kami gelar dengan sistem undangan dulu," ujar Filda, sapaanya. 
Untuk kompetisi sains digelar untuk umum, diikuti siswa SD se Jawa Timur. Piala yang diperebutkan  piala bergilir Gubernur Jawa Timur. Pendaftaran lomba sains ini dibuka hingga hari pelaksanaan pada 22 Februari 2020 mendatang. "TM nya juga dilaksanakan pada hari pelaksanaan,” imbuhnya. 
Materi lomba sains meliputi pelajaran Matematika dan IPA. Mulai kelas 1 sampai dengan 5 dan kelas 6 semester 1. Untuk babak pertama dilaksanakan dengan menjawab soal pilihan ganda. 15 tim terbaik akan masuk babak semi final. Sistem di babak semi final menggunakan jumlah skor. Para peserta dibebaskan memilih soal dengan kategori mudah, sedang dan sulit. Lima tim dengan skor tertinggi melaju ke babak final dengan sistem cepat tepat. 
Filda mengungkapkan, diantara tujuan mendasar dari SJ2SC untuk memberi kesempatan kepada siswa SD untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang sains dan olahraga Basket. “Caranya dengan memfasilitasi bakat, minat, dan kecerdasan mereka secara kompetitif,” tandasnya. (imm/aim)

Editor : muhaimin
Penulis : imam

  Berita Lainnya



Loading...


Honda
mitsubhisi

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet

Loading...