Malang Post - Ajak Anak Muda Makan Ikan

Jumat, 03 April 2020

  Mengikuti :


Ajak Anak Muda Makan Ikan

Senin, 24 Feb 2020

Anak muda harus gemar makan ikan. Itulah yang terus digaungkan oleh Fifi Rustanti sebagai 1st Winner Duta Gemarikan Kota Malang tahun 2018. Ia tak pernah lelah mengajak anak-anak muda di kota pendidikan ini untuk mengkonsumsi ikan.

Fifi sapaan akrabnya, berkeinginan agar anak-anak muda di Kota Malang sebagai generasi penerus bangsa terpenuhi gizinya. Karena itu salah satu cara adalah rajin memakan ikan. Ia melihat potensi sumber daya alam di Indonesia sangat besar, terutama lautan.

“Tapi dilihat dari konsumsi ikan nya sendiri rendah jika dibanding dengan negara-negara maju seperti Jepang. Karena itulah aku ikut Duta Gemarikan agar bisa mengajak anak muda konsumsi ikan yang lebih banyak gizinya," ujar Fifi kepada Malang Post.

Keinginannya membantu pemerintah untuk menyemarakkan gerakan gemar makan ikan, terutama di Kota Malang bisa terwujud. Itu setelah ia terpilih sebagai Duta Gemarikan. Dengan begitu ia lebih mudah sosialiasi kepada anak-anak muda.

Menurut mahasiswa Universitas Brawijaya ini, konsumsi ikan itu sangat bermanfaat untuk generasi penerus bangsa agar semakin sehat dan cerdas. Selain itu, dengan konsumsi ikan meningkat, diharapnya juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Baik pedagang maupun nelayan.

"Nah ketika gizi telah terpenuhi nantinya tidak hanya berdampak pada kualitas masyarakat. Tapi secara tak langsung akan meningkatkan perekonomian negara dilihat dari meningkatnya konsumsi ikan," beber gadis kelahiran Surabaya 8 Desember 1999 ini.

Dalam setiap sosialisasi, ia selalu ikut serta dalam segala kegiatan Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang bidang Perikanan. Khususnya untuk sosialisasi ke sekolah-sekolah dan Universitas.

Selain itu juga ikut seminar dari dinas kota maupun provinsi dalam penyuluhan ke masyarakat untuk gemar makan ikan. Terutama kepada Ibu-Ibu PKK yang memiliki pengaruh besar dalam mensukseskan program tersebut.

"Penyuluhan ke ibu-ibu PKK juga penting. Karena masakan ibu itu mempengaruhi konsumsi dalam keluarga," beber gadis yang juga menjadi Duta Anti Narkoba Kota Malang 2019 ini.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan jika kebanyakan anak-anak kurang suka bau amis atau orang dewasa tidak suka makan ikan karena banyaknya duri. Hal itu menurutnya jadi salah satu problem masyarakat kurang gemar makan ikan.

"Untuk solusinya dari problem itu kita beri pengetahuan mengenai gizi dan manfaatnya terlebih dahulu. Lalu beritahu tentang cara memasak olahan ikan untuk menghilangkan bau amis dan mengurangi duri nya. Serta dengan olahan ikan kreatif seperti dibikin kue juga membuat anak-anak suka," pungkasnya.(eri/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Kerisdiyanto

  Berita Lainnya





Loading...